SUSAH CARI KERJA
MENGAPA SUSAH CARI KERJA?
Hari gini susah cari kerja ? Sudah keliling perusahaan masukin surat lamaran kok gak dipanggil juga ?. Apasih kekurangan saya ? Gimana sih cara jitu agar cepat dapat kerja ? Dan masih banyak pertanyaan- pertanyaan yg terlintas namun sepertinya tidak ada jawaban yg memuaskan untuk menjawab SUSAH CARI KERJA.. Saat ini hampir seluruh pencari kerja mengeluhkan hal serupa , Bingung,,, itu pasti , terkadang menyalahkan situasi dan kondisi tanpa pernah introspeksi diri dengan cara menggali kelebihan dan kekurangan diri. Yuk cari tau disini. .. Untuk melamar pekerjaan ada beberapa faktor penting yang harus disiapkan apa itu :
1. Legalitas Diri
Legalitas diri ini sangat penting ? Mengapa ?.Siapkan Legalitas diri yg resmi dan masih berlaku ya seperti KTP, SIM , Kartu Keluarga , SKCK .
2. Legalitas Keahlian / Ijasah / Sertifikat
Legalitas keahlian / Ijasah/ Sertifikat sangat dibutuhkan hal ini untuk melihat Ijasah anda apakah setingkat SMA/SMK/MA atau ijasah setingkat diatas SMA seperti D1/D2/D3/S1/S2 dst. Nah untuk menambah portofolio anda dalam melamar pekerjaan, yg tidak kalah pentingnya adalah Sertifikat Uji Kompetensi yg dikeluarkan oleh Lembaga Berkompeten yg ditunjuk oleh Pemerintah seperti : Lembaga Sertifikasi Kompetensi atau Lembaga Sertifikasi Profesi . Ada banyak loh jenis Sertifikat keahlian yg bisa kamu ambil di dua lembaga ini Lembaga Sertifikasi Kompetensi maupun Lembaga Sertifikasi Profesi. Untuk mengikuti Uji Kompetensi di ke dua Lembaga ini anda bisa menghubungi ke Tempat Uji Kompetensi (TUK) di seluruh Indonesia yg telah ditunjuk oleh kedua lembaga kompetensi tersebut. Saat ini TUK telah tersebar hampir di seluruh Indonesia seperti TUK Kecantikan, Tata Boga, Komputer, Perhotelan, Otomotif dan masih banyak lagi jenis keahlian yg bisa anda peroleh. Pelatihan dan uji kompetensinya banyak loh yg gratis/ mendapat bantuan dari Pemerintah. Buat anda yg berlokasi di Kota Mataram bisa mencari di Kampus P4M di Jl. Airlangga No. 8 Mataram . di P4M kamu bisa mencari beberapa keahlian / jurusan yaitu : Administrasi Perkantoran, Akuntansi, Komputer Digital Bisnis dan Desain Grafis , Perhotelan Kapal Pesiar. Sertifikat Uji Kompetensi ini sebagai pendamping ijasah, sehingga akan menjadi pertimbangan tersendiri / prioritas utama oleh HRD bila anda sudah memilikinya .
A. MENGAPA PERLU WAWANCARA PRA PEKERJAAN SANGAT PENTING :
--> Wawancara pra- pekerjaan sangat penting
. Wawancara ini dilakukan dengan tujuan :
- Menelaah
informasi calon karyawan dalam surat lamaran atau ikhtiar riwayat hidupnya dan
untuk menentukan apakah latar belakang , kualifikasi dan pengalamaan
pekerjaannya akan sesuai dengan pekerjaan yang akan dilamar.
- Memeriksa
aspek fisik, mental dan sosial calon dari mana keandalan dan kesesuaian
merupakan pertimbanagn utama.
- Memberikan kepada calon karyawan informasi yang
relevan yang diperlukan untuk mengambil keputusan tentang perubahan ,
sifat pekerjaan, pelatihan yang diberikan untuk itu, jam kerja, tunjangan
– tunjangan, kesempatan untuk berkembang dan sebagainya.
- Menyaring calon karyawan untuk posisi tetentu atau
lowongan yang terbatas.
- Menunjuk calon terbaik yang mempunyai potensi terbesar untuk berkontribusi bagi pertumbuhan dan keberhasilan perusahaan atau organisasi. Wawancara pra – pekerjaan ada banyak macam tetapi umumnya yang berikut ini merupakan bentuk – bentuk dasarnya.
B. WAWANCARA PENYARINGAN
-->Wawancara
penyaringan (juga dikenal sebagai wawancara awal atau wawancara pendahuluan).
Yang biasanya tidak membutuhkan waktu lama , seringkali didasarkan kepada surat
lamaran lkhtiar riwayat hidup atau formulir lamaran kerja guna menyisihkan di
luar yang terbaik.Wawancara ini dilakukan untuk memastikan bahwa anda telah
memberikan semua informasi yang perlu dan untuk membuat penilaian cepat
mengenai kesesuaian anda untuk posisi yang dilamar sebelum petimbangan lebih
lanjut. Verifikasi mungkin mengungkapkan adanya perbedaan, informasi yang
terlupa atau kejanggalan . Sekitar 10 atau 15 pertanyaan tetutup biasanya akan
diajukan . Anda diminta untuk menjawab dengan satu kata (ya atau tidak ) atau
memberikan informasi tertentu secara singkat . Anda harus memberikan informasi
secara jelas ,cobalah memberikan jawaban singkat dan jangan lebih dari yang
diperlukan.
> Pendekatan pertanyaan – jawaban ini memungkinkan pewawancara mengumpulkan sejumlah besar faktual dalam waktu yang pendek , tetapi tidak mungkin memperoleh pola sikap , pembawaan dan kebiasaan umum dari si calon.
C. WAWANCARA SELEKSI
> Dalam
suatu wawancara seleksi yang intensif (yang memerlukan waktu lebih lama
daripada wawancara penyaringan). Anda mungkin diwawancara oleh beberapa orang
satu panel. Panel ini mengkin meliputi Direktur/Manajer/ Kepala personalia
(atau calon atasan kepada siapa calon akan melapor, jika diterima) dan staf
peyelia dari divisi / departemen / seksi yang anda lamar. Semuanya hadir pada
saat yang sama.
> Alat
seleksi ini dirancang untuk mengisi senjang yang ada pada surat lamaran atau
ikhtisar riwayat hidup calon ,
mengumgkapkan lebih banyak tentang latar belakang calon kualifikasi , pengalaman kerja , pelatihan dan
semangat dan secara umun memperoleh informasi yang penting bagi pewawancara
agar kesesuaian calon dengan posisi yang di lamar dapat ditentukan . Lebih jauh
lagi wawancara ini memberikan kesempatan kepada calon atasan untuk
menyampaikan informasi kepada kepada calon mengenai posisi dan perusahaan yang
bersangkutan. Seringkali dua atau lebih wawancara seleksi diperlukan untuk
menilai calon secara teliti.
> Pertanyaan dalam wawancara seleksi dapat mencakup pertanyaan direktif ataupun terbuka dan tidak direktif, yang memungkinkan kebebasan jawaban. Wawancara ini lebih fleksibel dan ini memberikan lebih banyak kesempatan untuk membahas subyek beragam . Dengan wawancara tidak direktif pewawancara cendrung mengajukan pertanyaan – pertanyaan terbuka yang memungkinkan calon yang diwawancara mengungkapkan dirinya secara lebih bebas dan terbuka daripada sekedar Ya atau Tidak . Ini berarti bahwa wawancara hampir sepenuhnya dikendalikan oleh calon yang diwawancara.
D.MEMANCARKAN
CITRA PEMENANG
Anda
telah belajar menulis ikhtisar dan surat lamaran. Yang sama pentingnya dalam
upaya mendapatkan pekerjaan adalah cara anda “menjual diri” atau menampilkan
kelayakan anda pada saat wawancara. Langkah penting ini , entah panjang atau
singkat , merupakan salah satu tujuan persiapan anda, karena anda akan berusaha
memberikan kesan dan menyakinkan pewawancara akan segala kemampuan anda tampa
terlihat angkuh atau memangsa.
> Kesan
pribadi utama (dan kadang – kadang tertanam dengan kuat dan tahan lama) pada
calon atasan sangatlah penting bagaimana anda memancarkan atau “menjual
diri”akan sangat menentukan apakah anda merupakan orang yang tepat untuk
pekerjaan yang dilamar atau tidak . Jika kesan pertama yang didapat calon atasan tentang diri anda tidak menyenangkan akan sukar bagi anda untuk
melakukan presentasi yang efektif.
> Ingatlah,
lepas dari pekerjaan yang di lamar, anda akan teliti dengan cermat dalam aspek-
aspek kepribadian berikut ini (baik anda tampilkan secara verbal maupun
nonverbal) sejak saat anda memasuki ruang wawancara (bahkan sebelum anda membuka
mulut ):
- Penampilan
fisik anda secara umum
- Gerak
– gerik dan sopan santun
- Nada
suara
- Rasa
percaya diri
- Inisiatif
- Kebijaksanaan
- Ketanggapan
dan kerjasama
- Ekspresi
wajah
- Kemampuan berkomunikasi
0 Response to "SUSAH CARI KERJA"
Posting Komentar